Mengatasi Anak Susah Makan Tanpa Stress

Anak juga akan lebih antusias jika momen makan bersama terasa lebih menyenangkan baginya. Alih-alih memberinya hukuman dan pujian, lebih baik menemaninya makan. Ketika anak susah makan di usia 1 tahun, orang tua wajib khawatir.

Bagaimana cara untuk mengatasi anak yang susah makan

Tips ini untuk mengantisipasi atau menghindari makanan cepat saji kurang menyehatkan. Anak susah makan bisa jadi karena memang tidak merasa lapar dari awal. Menurut healthline.com, anak-anak, terutama yang muda, bisa mengalami perubahan besar dalam nafsu makan selama sehari atau bahkan berhari-hari hingga berminggu-minggu. Jadi, kadang anak merasa nggak perlu makan di setiap jam makan. Hal ini akan meningkatkan nafsu makan anak ketika jam istirahat.

mengatasi anak susah makanMau makan, ya fokus makan aja di meja makan. Yuk, cari tahu bagaimana cara mengatasi anak yang susah makan berikut ini. Hal ini bisa dilakukan untuk mencontohkan anak makan dan menciptakan susana senang sehingga nafsu makan anak meningkat. Untuk ada yang tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan cemilan anak, smoothies bisa jadi solusinya. Karena cara membuatnya hanya dengan mencampurkan semua bahan ke dalam blender. Anda bisa mencampurkannya dengan kombinasi 2-4 bahan lainnya dari buah maupun sayuran.

Jangan memaksa anak habiskan makanan atau mencoba suatu makanan baru jika memang belum siap. Biarkan anak mengambil makanannya sendiri dengan tangannya jika ingin. Ini memberikannya kesempatan untuk belajar berbagai tekstur makanan. Dengan cara ini, ia dapat mengetahui beragam jenis makanan dan dapat menemukan makanan baru baginya sehingga ia akan tertarik untuk mencobanya.

Ibu dituntut untuk bisa menyajikan menu yang berbeda setiap harinya. Misalnya saja hari senin menu sayur dengan telur mata sapi, maka hari selasa menunya harus berbeda. Ibu bisa menyajikan menu sayur dengan tahu tempe dan lain sebagainya. Orang tua bisa memancing nafsu makan anak dengan membuat tampilan makanan yang menarik dari bermacam-macam sayur dan lauk pauk. Contoh, apabila anak sedang tidak suka makan nasi, orang tua bisa menggantinya dengan pasta. Atau jika anak sedang tidak suka makan buah, maka kamu bisa coba menyisipkan potongan buah ke yoghurt.