Ini Manfaat Anak Membantu Tugas Rumah Tangga

“Hasil kami menunjukkan bahwa pekerjaan rumah tidak hanya relevan untuk kinerja sekolah, tetapi juga untuk pengembangan kepribadian, asalkan siswa melakukan banyak upaya dalam tugas mereka,” kata Richard Göllner, penulis pertama studi ini. Para peneliti menganalisis information dari studi longitudinal dengan 2.760 siswa dari dua jalur sekolah yang berbeda di negara bagian Baden-Württemberg dan Saxony. Hasilnya menunjukkan, para siswa yang menginvestasikan banyak upaya dalam mengerjakan pekerjaan rumah akan mendapat manfaat positif. Dengan membiarkan anak-anak membantu melakukan pekerjaan rumah, mereka akan lebih berempati saat melihat orang lain melakukan pekerjaan yang berat. Sebenarnya, jika ABG telah tahu tugas yang harus dikerjakan di rumah, secara tidak langsung ia membantu meringankan beban pekerjaan pembantu rumah tangga dan Mama. Mengerjakan pekerjaan rumah juga dapat meningkatkan kemampuan motorik anak.

Membantu anak mengerjakan pekerjaan rumah

Beberapa anak-anak memilih waktu untuk mengerjakan PR usai makan malam, saat orangtuanya membereskan peralatan makan setelah makan malam. Semua manfaat positif pekerjaan rumah atau PR bisa didapatkan si kecil bukan hanya dari guru. Moms & Dads pun berperan penting dalam keberhasilan si kecil, terlebih dalam hal pendidikan. Orangtua yang mendampingi anak dalam mengerjakan PR, akan membuat ia merasa diperhatikan sehingga dapat menjalin kedekatan yang lebih intim. Cara lain untuk terus membantu anak menjadi lebih mandiri dan percaya diri adalah dengan memberikan pujian serta motivasi. Rayakan segala prestasi yang anak raih, seperti nilai tinggi dari tes yang sulit.

Namun di tengah kepadatan aktivitasnya, dia tidak melupakan peran dan tanggung jawabnya kepada keluarga. Bapak satu anak ini selalu meluangkan waktunya untuk membantu istri mengurus rumah tangga, bahkan tidak jarang dia memasak untuk keluarga. Menurutnya, dalam menjalankan kehidupan rumah tangga, pekerjaan domestik tidak harus semuanya dibebankan kepada perempuan atau istri. Ketika ada kesempatan, laki–laki juga harus bisa dan mau mengerjakan pekerjaan domestik untuk meringankan pekerjaan istri. Contohnya, pelajaran prakarya/keterampilan tangan, anak pasti dihadapkan pada penggunaan alat-alat tertentu, semisal gunting.

Tujuan yang kedua yakni sebagai persiapan bagi murid untuk menerima materi baru agar lebih mudah menangkap materi yang akan disampaikan oleh guru di hari berikutnya. Dengan demikian, soal-soal yang diberikan dalam PR itu pun harus sesuai dengan tujuan yang dimaksud. Selama diberlakukannya Pembelajaran Jarak Jauh di masa pandemi santer terdengar keluhan para murid dari berbagai kota di tanah air. Banyak murid-murid yang mengeluhkan beban tugas atau Pekerjaan Rumah yang lebih berat selama PJJ di masa pandemi.

Khuttab adalahtempat anak-anak belajar menulis, membaca, dan menghafal al Quran serta belajar pokok-pokok ajaran Islam. Adapun cara yang dilakukan oleh pendidik disamping mengajarkan al Quran mereka juga belajar menulis dan tata bahasa serta tulisan. Al Quran dipakai sebagai bahasa bacaan untuk belajar membaca, kemudian dipilih ayat-ayat yang akan ditulis untuk dipelajari.

Terjemahan ilmu pengetahuan asing/Yunani ke dalam bahasa Arab paling awal baru fokus pada tiga bidang ilmu pengetahuan, yakni, ilmu perbintangan, kimia dan kedokteran. Kecenderungan ini berakhir hingga paruh kedua abad ke Sembilan, ketika dua orang penerjemah terkenal, yaitu, Yahya ibnu ‘Adi (w.974) dan Abu ‘Ali ibnu Ishaq ibnu Zera (w.1008) telah tampil pada waktu itu. Dia juga seorang ahli ilmu logika terkenal yang telah menterjemahkan buku Prolegomena Ammonius dan pengantar untuk karya Porphyry yang berjudul, “Isagoge”. Di sisi lain, Bin Zera, telah pula memperbaiki terjemahan untuk buku kedokteran dan filsafat. semua dasar-dasar karya Aristoteles dan juga banyak risalah yang tidak terkenalnya, dan sejumlah ulasan bahasa Yunani, telah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab. Banyak karya Plato dan ragam teksnya, atau sejenisnya juga telah diterjemahkan sebagaimana juga beberapa karya Proclus dan tentunya naskah Plato baru lainnya.

Kamu pun jadi kelaparan karena gak bisa masak, atau jadi gak nyaman di rumah karena gak bisa membersihkannya. Langkah selanjutnya untuk membantu anak mengerjakan PR adalah dengan menyiapkan waktu untuk PR dan belajar. Misal, di sore hari, setelah si kecil pulang dari sekolah, sudah istirahat, bermain, makan makanan ringan, dan mandi.