Efek Samping Minum Kopi Yang Berbahaya Untuk Tubuh

Berikutnya, bahaya minum kopi berlebihan tidak baik untuk kehamilan. Sebenarnya mengonsumsi kopi saat hamil masih aman jika tidak berlebihan. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak, maka dapat menyebabkan perkembangan bayi terhambat dan bahkan keguguran.

Kerugian konsumsi terlalu banyak kopi

Akan tetapi jika dikonsumsi berlebihan, maka kafein bisa menyebabkan ketergantungan dan dalam kondisi menahun juga bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti gangguan tidur dan kanker. Kopi mengandung kafein, yang dikenal bisa membuat tubuh berenergi dan tidak mengantuk, walau di malam hari. Tidak heran, efek kebanyakan minum kopi, bisa membuat Anda mengalami gangguan tidur bernama insomnia.

Jadi, minum kopi susu gula aren setiap hari, bisa menambah berat badanmu. Jika ingin menjaga berat badan, minum kopi hitam saja, tanpa gula maupun pemanis lainnya, maupun susu jenis apa pun. Sebab kopi hitam memiliki rendah kalori dan tentunya memiliki manfaat sehat yang lebih banyak. Konsumsi kafein yang terlalu banyak ternyata juga dapat mengurangi kepadatan mineral tulang pada seseorang, apalagi jika seseorang tersebut kekurangan asupan kalsium. Jika terlalu banyak mengonsumsi kafein, maka akan menyebabkan tulang keropos yang cukup parah. Akan lebih baik apabila konsumsi kafein diimbangi dengan asupan kalsium yang cukup.

Meskipun telah menjadi budaya yang melekat dengan masyarakat Indonesia, pada kenyataannya mengonsumsi kopi atau teh juga memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Banyak orang yang mengatakan bahwa lebih baik mengganti konsumsi kopi dengan teh, karena akan jauh lebih sehat. Baik kopi ataupun teh, mengandung zat, vitamin, dan mineral yang memiliki peran yang berbeda-beda pada tubuh kita. Kedua minuman tersebut mengandung senyawa seperti kafein, polifenol, dan antioksidan yang menguntungkan bagi tubuh kita bila diminum sesuai takaran. Akan tetapi bila kita mengonsumsi terlalu banyak atau melebihi takaran yang seharusnya, maka kedua minuman tersebut akan memberikan efek buruk pada tubuh kita. AAP menyarankan bagi anak di atas usia 12 tahun, batasi konsumsi kafein maksimal one hundred mg sehari.

Seiring dengan maraknya kedai kopi kekinian dan pergeseran minat konsumsi masyarakat, tren konsumsi kopi pun meningkat drastis. Kopi dipercaya menjadi minuman yang dapat meningkatkan konsentrasi. Namun, konsumsi kopi dalam jumlah yang banyak dapat berdampak buruk dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, dengan minum setidaknya satu cangkir kopi sehari, dikaitkan dengan penurunan risiko stroke, yang merupakan peringkat keempat penyebab kematian wanita. Ketika asam lambung naik hal ini justru mengganggu kesehatan apalagi aktivitas sehari-hari.

Dikutip dari situs kesehatan Health Line, dosis kafein yang tinggi dapat menyebabkan buang air besar atau bahkan diare. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi sarapan terlebih dahulu sebelum minum kopi. Cara ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan lapisan lambung saat mengonsumsi kopi secara terus menerus, terutama di pagi hari. Kopi atau minuman berkafein ini juga berperan sebagai pencahar. Jadi, dengan kita mengonsumsi lebih dari dua atau tiga gelas cangkir kopi sehari akan membuat kita rentan terserang diare. Asupan kafein yang direkomendasikan adalah 400 Slot Online mg untuk orang dewasa.