6 Fakta Dua Harimau Di Taman Margasatwa Ragunan Positif Covid

Mereka pun meminta dokter hewan yang bekerja di lembaga konservasi agar menerapkan protokol kesehatan ketat ketika melakukan komtak erat dengan hewan. Para pihak berwenang percaya, kucing besar itu tertular coronavirus dari seorang karyawan kebun binatang. Tepatnya, terjadi sebelum petugas kebun binatang tersebut diketahui positif COVID-19. Ketika Nadia mulai menunjukkan gejala, tim dokter hewan melakukan sejumlah tes diagnostik dan pemeriksaan darah. Setelah mengalami batuk kering pada akhir Maret, harimau Malaysia berusia empat tahun, Nadia, dites virusnya pada 2 April, menurut Calle.

Bukti positif covid-19 didapat dari sampel muntahan dan kotoran kucing yang dikirim langsung oleh pemilik ke laboratorium Universitas Liege. Gejala lain yang mungkin dapat dirasakan hewan ketika terinfeksi Covid-19 yakni hidung berair atau pilek, hingga nafsu makan yang berkurang. Jika ada tanda-tanda tersebut, mereka harus dibawa ke dokter hewan untuk dicek kesehatannya.

Seekor harimau di kebun binatang Bronx, New York City, dinyatakan positif mengidap Covid-19. Selain itu, 6 ekor harimau dan singa lainnya juga terlihat memiliki gejala serupa dengan harimau yang positif. Harimau ini diduga tertular dari petugas kebun binatang yang terinfeksi virus corona. Nadia, seekor Harimau Malaya di Kebun Binatang Brooklyn teridentifikasi positif terinfeksi virus korona, setelah beberapa bulan dilaporkan sering mengalami gejala batuk kering yang agak janggal. Para dokter hewan dari Laboratorium Layanan Hewan USDA yang sedang berusaha mengusut kasus ini meyakini Harimau berusia empat tahun itu telah tertular dari seorang pawang yang diduga juga mengalami infeksi virus tersebut.

“Setelah 12 hari pengobatan, kondisinya mulai membaik dan diharapkan sembuh. Nafsu makan mereka juga telah kembali dan mulai aktif,” sambungnya. “Kedua harimau dinyatakan pulih meski masih dalam pemantauan atau observasi dari Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan,” Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Suzi Marsitawati, dalam keterangan tertulis, Ahad, 1 Agustus 2021. Imbauan kedua yang perlu diperhatikan adalah agar pemilik hewan peliharaan yang terinfeksi Covid-19 diminta untuk tidak panik.

Harimau berusia 4 tahun bernama Nadia ini menjalanites corona karena menunjukkan gejala seperti batuk kering dan kehilangan nafsu makan sejak akhir Maret lalu. Kemudian, mengingat New York adalah negara bagian yang menjadi pusat pandemi di Amerika Serikat, maka petugas kebun binatang berinisiatif untuk melakukan tes Covid-19 terhadap hewan tersebut. Sekitar seminggu setelah pemilik kucing mulai menunjukkan gejala, kucing tersebut juga mengalami kesulitan bernapas, diare dan muntah. Tes selanjutnya yang dilakukan dokter hewan di University of Liège menunjukkan bahwa hewan tersebut terinfeksi virus corona. Di Kebun Binatang Bronx, Nadia, saudara perempuannya Azul, dua harimau Amur dan tiga singa Afrika mengalami batuk kering, dan beberapa kucing menunjukkan mengi dan kehilangan nafsu makan, kata Dr. Paul Calle, dokter hewan di kebun binatang. Menurut kebun binatang, hewan itu terinfeksi oleh seorang staf yang tanpa gejala infeksi virus atau sebelum orang tersebut mengalami gejala.

Saat kamu sakit, khususnya dinyatakan psotif Covid-19 , hindari kontak dengan hewan peliharaan di rumah. Sementara itu, hewan lainnya yakni dua ekor kucing, satu dari Belgia dan satu dari Hong Kong dinyatakan positif terkena virus dalam sebulan terakhir. Ia menambahkan, sejak mengidap sejumlah gejala dan kondisi kesehatan yang menurun, kedua satwa itu segera diberikan pengobatan. Diantaranya pemberian antibiotik, antihistamin, antiradang, dan multivitamin setiap hari. Meski tidak terlalu menimbulkan kekhawatiran, para ilmuwan tetap waswas pada akibat dari penularan virus corona pada hewan, terutama hewan liar. Tidak seperti hewan di rumah, penangkaran, atau kebun binatang, hewan liar tidak mendapat pemeriksaan secara rutin.

Dua harimau positif terinfeksi covid

Jakarta, Beritasatu.com – Dua harimau Sumatra yang berada di Taman Margasatwa Ragunan sempat terinfeksi Covid-19. Hindari pula menyeka atau memandikan hewan peliharaan dengan disinfektan kimia, alkohol, hydrogen peroksida, atau produk lain. Namun, Anies menyebut mereka masih bisa beristirahat Slot Deposit Pulsa sebab saat ini Ragunan masih tutup. Selain itu, pihaknya juga masih menelusuri penyebab dua harimau yang bernama Hari dan Tino terpapar Covid-19. Hilangnya hutan yang menjadi habitat harimau Sumatera menyebabkan hewan ini sering kali dibunuh atau ditangkap karena tersesat di pedesaan.