5 Teknik Mengendalikan Emosi Saat Mendisiplinkan Anak Halaman All

Cara lainnya yang dapat Moms lakukan adalah menghindari hukuman fisik dan memarahi Si Kecil di depan umum saat ia sedang emosional. Pelukan dan kesabaran Moms justru lebih ampuh untuk mengajarkan Si Kecil mengelola emosinya, lho. Saat si Kecil sedang marah, berikan ia waktu sejenak untuk menenangkan diri. Moms juga dapat mengajarkan Si Kecil untuk menarik napas panjang dan melakukan beberapa gerakan yoga sederhana saat ia merasa marah sehingga ia dapat merasa lebih tenang. Batas-batas mengenai hal yang boleh ataupun tidak boleh dilakukan oleh harus didefinisikan dan diberitahukan secara jelas kepada anak.

Untuk menghindari hal tersebut, lipatlah atau kepalkan tangan Ibu. Meskipun sedang marah, Ibu tetap harus bisa mengendalikan diri dan emosi di depan anak untuk menjadi contoh bagi mereka. Saat Ibu sedang marah, segeralah ambil nafas panjang, hembuskan, dan berdiam diri terlebih dulu. Cara ini ampuh dalam meredam amarah agar tidak berlanjut menjadi ledakan yang bisa melukai hati anak. Bila perlu, menyingkirlah sejenak untuk menyendiri sampai emosi Ibu mereda.

Tanyakan apa yang sebenarnya sedang mengganggu dan membuatnya semarah itu. Minta ia menceritakan semuanya dan cobalah untuk mendengarkan apa yang dia sampaikan tanpa menghakimi. Dengan demikian, Si Kecil tidak akan merasa sendiri dan akan lebih percaya diri ke depannya. Jika Anda merupakan pemeluk suatu agama, ada baiknya jika Anda meluangkan waktu untuk beribadah dan bermeditasi sesuai dengan ajaran agama masing-masing. Ada baiknya Anda dan pasangan meluangkan waktu untuk berdua tanpa anak-anak.

Pada masa bani Umayyah, pakar pendidikan Islam meng­gunakan kata Al-Maddah untuk pengertian kuri­kulum. Karena pada masa itu kurikulum lebih identik dengan serangkaian mata pelajaran yang harus diberikan pada murid dalam tingkat tertentu. Sebelum masjid dibangun, maka di samping memberi pelajaran di rumah Arqam, Nabi juga mengajar di rumahnya di Makah, maka berkumpullah para sahabat di sekitar beliau untuk menerima pelajaran yang disajikan oleh Nabi. Dengan turunnya ayat ini Allah telah meringankan kesibukan Nabi disebabkan mengalirnya manusia ke rumah beliau yang boleh dikata­kan tidak henti-henti. Metode Bi al-Hal, dakwah metode ini dilakukan dengan ajakan melalui upayapenyatuan antara pemahaman atau pengetahuan dengan keya­kin­an atau perasaan .

Cara  mengkontrol emosi kepada anak

Dengan komitmen untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik, PRENAGEN terus melakukan inovasi dan kampanye-kampanye yang juga mengedukasi Ibu di Indonesia untuk tetap sehat serta memenuhi nutrisi penting demi buah hati yang sehat dan sempurna. Memberi rasa aman bisa jadi cara meredakan emosi suami yang juga efektif. Yakinkan suami bahwa Moms akan mencintainya terlepas dari emosinya yang suka meledak-ledak. Dengan demikian Moms memiliki waktu untuk “bernapas” dan menstabilkan kembali emosi Moms dalam meredam amarah. Karena itulah ada baiknya jika help system yang mothers miliki pun juga kuat.