5 Cara Agar Anak Mendengarkan Orangtua Halaman All

Perasaan tidak berdaya akibat dipermalukan bisa memicu depresi pada putra-putri Anda. Dengan begitu mereka sendiri kelak juga dapat menjadi orang tua yang baik bagi generasi selanjutnya. Oleh karenanya, menjadi “teman sebayanya” dan berpikir dengan logika anak adalah cara yang paling baik untuk berkomunikasi.

PasanganGlenn Alinskiedan Chelsea Olivia rasanya tidak pernah redup dari sorotan publik. Setelah delapan tahun berpacaran, Glenn dan Chelsea terikat dalam pernikahan sejak tahun 2015 silam. Kedua pasangan ini selalu terlihat harmonis dan jarang diterpa skandal atau kabar buruk dari hubungan mereka. Nama Chika memang sudah tidak asing lagi di telinga pengguna Tiktok dan Instagram.

Cara agar anak mau mendengarkan kata orang tua

Sejajarkan posisi tubuh dengan anak, sehingga orang tua dapat melihat kedua mata anak sambil menyampaikan permintaan atau perintah. Interaksi tersebut akan membuat anak fokus mendengarkan, dan mengalihkan perhatian dari kegiatan lainnya. Ibu perlu tahu kapan saat yang tepat untuk memberi perintah, nasihat, serta berbicara pada anak. Ada waktu yang perlu dihindari untuk memberi perintah pada anak, yaitu ketika ia sedang tantrum. Pada saat tantrum, si kecil tidak dapat mendengarkan perkataan dari siapapun, terlebih kalimat perintah.

Sebagai orangtua pasti menginginkan anaknya untuk mendapatkan yang terbaik dalam hidup mereka. Namun, terkadang melakukan sesuatu yang berlebihan malah akan membatasi anak untuk mendapatkan hal baik dari hidupnya. Ciri-ciri ketika orang tua sudah melakukan poisonous parenting pada anak, ketika orang tua sudah menuntut suatu hal kepada anak seperti menyuruh anak memilih antara orang tua dengan temannya bahkan pasangannya. Atau menyuruh anak sering mengorbankan aktivitas yang mereka sukai demi mengabulkan permintaan orang tua. Misalnya, orang tua mengkritik penampilan anak saat anak mencoba berpenampilan baru, tidak menghargai pencapaian anak dengan membandingkan pencapaian anak lain, mengkritik saat anak menunjukan bakatnya. Orang tua yang tidak empati terhadap keadaan anak akan menganggap kebutuhan orang tua lebih penting dari kebutuhan anak.

Nah, Parent Pinters semoga ulasan tentang cara mendidik anak di atas dapat menginspirasi Anda. Tidak perlu khawatir karena Pintek hadir untuk membantu Anda mengantarkan buah hati meraih cita-cita. Mengoreksi kesalahan anak atau mendisiplinkan mereka di depan orang lain juga harus dihindari.

Selain dituntut untuk bersikap lembut kepada anak, orang tua juga selayaknya memberikan kasih sayang yang tulus dan utuh kepada anak. Salah satu contohnya adalah dengan mengatakan kepada anak bahwa Anda sangat menyayanginya. Pelukan atau ciuman juga bisa menjadi penyemangat tersendiri bagi jiwa sang anak yang bisa Anda lakukan. Cukup banyak anak dengan gangguan spektrum autisme yang sudah menyelesaikan pendidikan sampai ke tingkat sarjana dan bekerja. Dukungan sekolah dan dukungan keluarga dapat memberikan harapan yang lebih baik pada anak dengan gangguan spektrum autisme.

Ketika Ayah dan Ibu kompak dalam mendidik dan memberikan aturan pada anak, si kecil akan lebih mudah untuk mematuhi. Lebih baik berbicara baik-baik dengan anak dan menjaga nada bicara agar tetap tenang. Nada suara yang tenang akan membuat anak tergerak untuk mengikuti perkataan Anda.

Karena Anda bukan native speaker, Anda punya kekurangan dalam hal ini. Biarkan anak menjadi dirinya sendiri, belajar untuk bertanggung jawab. “Kedua, katakan yang Anda inginkan dari anak. Jadi tidak usah menyuruh anak apa yang harus dia hentikan, tetapi apa yang harus dia lakukan,” lanjutnya. Pada usia 9 tahun Nujood Ali dinikahkan secara paksa oleh orangtuanya.