11 Peluang Bisnis Rumahan Pasca Covid

Penggunaan teknologi memang sangat memudahkan kehidupan, namun gaya hidup digital juga juga akan semakin bergantung pada penggunaan ponsel dan komputer. Berdasarkan asumsi makro dalam APBN 2021 tersebut, pendapatan negara ditetapkan sebesar Rp1.743,sixty five triliun yang berasal dari pendapatan dalam negeri Rp1.742,75 triliun dan penerimaan hibah Rp0,9 triliun. Pendapatan dalam negeri diperoleh dari penerimaan perpajakan sebesar Rp1.444,fifty four triliun dan Penerimaan Negara Bukan Pajak Rp298,2 triliun. Hal ini dilakukan untuk menambah daya tahan dari dunia usaha dalam menghadapi Covid-19. Permintaan agregat yang menurun dari masyarakat, karena adanya ketidakpastian mengenai kondisi yang akan datang menyebabkan masyarakat melakukan langkah aman dengan mengurangi permintaan akan barang di lini sekunder dan tersier.

Usaha olahan makanan merupakan salah satu sektor usaha yang bertahan karena masyarakat membutuhkan pasokan makan dan minum untuk bertahan hidup. Saat ini banyak makanan yang bisa bertahan lama dan praktis, misalnya makanan kemasan, makanan beku atau makanan dalam kaleng yang sudah dikemas menjadi salah satu kebutuhan yang sangat dicari oleh masyarakat. Salah satu usaha yang justru peluang semakin besar ditengah pandemi yaitu penjual/pengecer yang menjual produk-produk olahan makananan seperti supermarket Agen Bola Online, swalayan dan lain sebagainya.

KOndisi terkini bisnis di saat pandemi

Di situasi seperti ini, kita dianjurkan untuk membatasi aktifitas di luar rumah dan sebisa mungkin tidak kemana-mana, kecuali untuk hal yang begitu mendesak. Dan hal ini justru membuat seseorang lebih sering menyimpan makanan agar intensitas keluar rumah bisa dikurangi. Apalagi bagi orang yang tidak piawai memasak, sehingga lebih sering membuat makanan yang cenderung simpel dan mudah, seperti Frozen meals misalnya. Finansial dalam bisnis merupakan hal krusial yang perlu diperhatikan terutama dalam kondisi seperti ini. Pelaku bisnis harus tetap memastikan bahwa setiap transaksi terbukukan dengan baik dan rapi agar cashflow tetap seimbang. Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil.

Selama masa pandemi, orang-orang lebih memilih ‘mengurung diri’ dirumah masing-masing. Kondisi inilah yang membuat banyak orang memutuskan untuk ‘melupakan’ sejenak bar dan resto yang biasa mereka kunjungi. Industri lodge dan pariwisata merupakan paket komplit yang selalu jalan beriringan. Selama pandemi virus Corona, orang-orang diwajibkan untuk membatasi aktivitas di luar ruangan, bahkan beberapa negara ‘memaksa’ mengkarantina penduduknya dengan kebijakan lockdown.

Maka dari itu, diperlukan referensi-referensi yang mendasar seperti buku Islamic Financial System dan buku Islamic Capital Market. Kita juga harus mendapatkan sumber-sumber bacaan yang bersifat up-to-date untuk memahami aktivitas investasi secara riil. TIME Magazine dan Bloomberg menjadi salah dua majalah yang direkomendasikan.

Intinya, pantau terus perilaku dan keinginan konsumen dan sesuaikan model bisnis jika dibutuhkan. Usaha kecil dan menengah memiliki peran yang sangat besar dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi bangsa. Tidak hanya di negara-negera berkembang seperti Indonesia, tetapi juga di negara-negara yang sudah dikategorikan maju seperti di negara Eropa, Jepang, Korea, dan Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri, peran UKM sangat penting terutama sebagai sarana ketersediaan lapangan kerja bagi jumlah penduduk Indonesia di atas 200 juta penduduk. Pada period pandemi saat ini, pemerintah menyelenggarakan program bantuan untuk pelaku usaha UMKM sebagai proses dalam membangun ekonomi masyarakat. Pemerintah juga membuka program kartu prakerja, bagi masyarakat yang terkena dampak Covid-19 seperti pengangguran yang disebabkan oleh pengurangan karyawan maupun seseorang yang baru saja lulus dari bangku sekolah menengah atas.

Riset dari Mckinsey & Company menyebutkan bahwa 58% konsumen Indonesia memilih mengurangi frekuensi makan di tempat selama virus Covid-19 ini berlangsung. Salah satu keuntungan menjadi copywriter lepas ialah mendapatkan bayaran dalam dolar AS. Jika ingin mengetahui tips tentang cara menjadi copywriter dan mendapat penawaran jasa di bidang ini, Express Writers adalah salah satu situs yang bisa dikunjungi. Jika Anda mempunyai keterampilan fotografi, menjual karya di sejumlah situs penyedia stok foto bisa menjadi peluang bisnis. Fotografer dapat mengunggah karyanya ke salah satu dari sejumlah situs database foto, yang memungkinkan editor majalah, desainer, atau organisasi apa pun untuk membelinya. Beberapa situs itu di antaranya Shutterstock, Photoshelter, dan Getty Images.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut, angka keterisian tempat tidur isolasi atau mattress occupancy ratio di Jakarta saat ini hampir menyentuh angka 90 persen. Dari whole transaksinya tersebut, produk makeup dan skincare menjadi produk terpopuler yang berhasil terjual sebanyak 48% dari total keseluruhan transaksi selama Ramadan 2021. Disusul oleh produk popok dengan porsi penjualan sebesar 18% dan produk smartphone dengan porsi penjualan 16% dari whole transaksi. Ini penting untuk diperhatikan, mengingat seluruh informasi tersebut berkaitan erat dengan rencana keuangan keluarga, dan investasi yang akan kamu tanamkan. Maka dari itu, sebelum mengajukan pinjaman, pastikan pinjaman tersebut digunakan untuk kebutuhan produktif, kamu sudah punya hitungan pasti darimana sumber keuangan untuk membayar pinjaman tersebut, dan periksa kembali neraca keuangan.

Tagged: Tags