Sederet Fungsi Vitamin D Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Menurutnya, dengan rutin berjemur Anda bisa memperoleh vitamin D yang diproduksi di kulit. ASI adalah terbaik bagi buah hati, SGM sangat mendukung pemberian ASI. Saat Bunda menyusui, harap memperhatikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang. Penggunaan susu method harus sesuai dengan petunjuk dan dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Ketika seseorang kekurangan vitamin D, maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang. Hal inilah yang mengakibatkan tulang menjadi rapuh dan menyebabkan osteoporosis. Selain dari sinar matahari, vitamin D juga bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan seperti ikan, minyak ikan, kuning telur, dan hati.

Sejumlah ilmuwan Amerika Serikat meneliti sampel darah 235 pasien COVID-19 yang dirawat . Pasien yang punya kandungan vitamin D yang cukup dalam tubuhnya, lebih berkemungkinan kecil untuk tidak sadarkan diri dan meninggal karena COVID-19. Beberapa ilmuwan asal Spanyol meneliti bagaimana vitamin D yang diresepkan dokter dapat berimbas pada pasien COVID-19. Dari 50 orang pasien, hanya satu yang membutuhkan perawatan ICU dan tidak ada satu pun yang meninggal. Dan di antara 26 pasien yang tidak mendapat resep vitamin tersebut, 13 di antaranya harus dirawat di ICU dan dua dari mereka meninggal.

Fungsi dari vitamin D

Sumber makanan yang kaya akan vitamin D yaitu ikan salmon, ikan tuna, sarden, telur, susu, dan yogurt. Dengan alasan tersebut, pasien yang memiliki gangguan suasana hati kerap disarankan Kakek Merah untuk beraktivitas di luar rumah agar bisa mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari. Bersama dengan kalsium, vitamin ini akan menurunkan risiko Anda terkena patah tulang.

Pakar kesehatan menyebutkan kebutuhan vitamin D harian orang dewasa berkisar antara 600 hingga 2.000 IU. Sementara itu menurut Kemenkes RI, asupan yang dianjurkan sebesar 15 – 20 mikrogram per hari. Dari keduanya kualitas vitamin D3 yang berasal dari sinar matahari jauh lebih unggul daripada vitamin D yang berasal dari makanan. [newline]Pasalnya karena vitamin D3 lebih mudah dicerna tubuh, serta dapat bertahan lebih lama dalam peredaran darah, namun kedua jenis ini tetap dibutuhkan oleh tubuh. Untuk Anak atau orang dewasa di Indonesia, cukup terpapar sinar matahari pagi dan sore selama 5 sampai 15 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Selain itu, vitamin D3 juga digunakan untuk mengobati penyakit tertentu. Vitamin D3 berperan penting dalam mengatur kadar kalsium di dalam tubuh serta menjaga kekuatan tulang dan gigi. Fungsi vitamin D sendiri adalah menjaga konsentrasi regular kalsium dan fosfat dalam darah, sehingga selalu dikaitkan dengan kesehatan tulang.