Merawat Gigi Si Kecil Yang Baru Tumbuh

itu sebabnya jangan melalaikan perawatan gigi anak, serta kurangi konsumsi gula terlalu banyak.” kata dr. Irma Lidia. Gigi dan mulut yang sehat membuat seseorang dapat makan dengan nyaman dan menjaga kemampuan bicaranya. Di sisi lain, kebersihan mulut yang tidak dijaga dapat menyebabkan masalah, dari bau napas yang tidak sedap hingga penyakit gigi dan mulut. Untuk mencapai kebersihan gigi dan mulut yang maksimal, menyikat gigi saja tidak cukup.

Ajari anak untuk makan food regimen seimbang dan membatasi frekuensi camilan yang dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi anak. Tentunya, Si Kecil belum benar-benar mengenal mana yang baik dan tidak baik untuk kesehatannya. Oleh karena itu, Ayah dan Bunda perlu mengajarkan Si Kecil untuk menjalani kebiasaan sehat dan melakukan pemeriksaan gigi rutin untuk menghindari masalah rongga mulut dan gigi.

Gambar anak menggunakan floss stick untuk membersihkan celah antara 2 gigi. Untuk mencegah penularan virus, regular baru harus menjadi kebiasaan hidup sehari-hari. Kamu juga bisa mencoba metode sederhana lainnya, yaitu menggunakan lidah untuk menyusur ke seluruh permukaan gigi.

Menjaga kesehatan gigi si Kecil memang sangat penting agar terhindar dari penyakit mulut dan lainnya. Ibu harus membersihkan gigi si Kecil secara rutin karena dia belum bisa melakukannya sendiri. Tugas membersihkan mulut dan giginya menjadi tanggungjawab Ibu hingga dia bisa membersihkannya sendiri. Ibu bisa mengajari si Kecil agar selalu merawat gigi dalam keadaan yang bersih. Kesehatan gigi merupakan salah satu hal terpenting bagi pertumbuhan anak.

Trimester 1 adalah masa yang vital bagi bayi karena di saat itulah organ-organ bayi banyak dibentuk. Paparan Ibu terhadap obat dan zat kimia dikhawatirkan mengganggu proses tersebut. Akan tetapi, jika Anda mengalami kegawatdaruratan di area gigi dan mulut seperti nyeri, gigi yang patah, ataupun infeksi, segeralah mengunjungi Dokter Anda, tidak peduli trimester berapakah Anda saat itu. Periksakan gigi si kecil ke dokter gigi, setelah 6 bulan sejak gigi pertama tumbuh, atau saat usia anak setahun. Selain untuk menjaga kesehatan gigi si kecil, memeriksakan gigi ke dokter sedari dini juga bertujuan untuk mengetahui jika ada suatu masalah pada gigi anak.

Cara menjaga kebersihan gigi anak

Asupan nutrisi yang cukup juga mempengaruhi kesehatan gigi si kecil, yaitu kalsium, fosfor, fluoride, serta vitamin dan mineral, terutama vitamin C yang sangat penting untuk gusi yang sehat. Kalau Bunda tidak sempat menggosok gigi si kecil setelah ia mengonsumsi makanan atau minuman manis, berikan keju cheddar untuk si kecil. Makanan ini mendorong produksi air liur yang membantu menghilangkan asam penyebab gigi rusak. Hal terbaik yang bisa dilakukan orang tua dalam mengajari anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan memberikan contoh. Jadi, apabila mereka melihat orang tuanya merawat kebersihan mulut dan gigi, anak akan menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi.

Kenali dan cegah kebiasan anak yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut anak-anak. Ketika susu menempel atau menggenang di sekitar gigi dalam waktu yang cukup lama, ini bisa membuat gigi rentan terhadap bakteri dan asam. Jika gula susu menempel pada gigi, ini artinya memberikan makanan untuk bakteri berkembang biak di gigi sehingga gigi menjadi berlubang. Perhatikan juga makanan anak yang lainnya, jangan menambahkan gula pada makanan.