Cara Tepat Mendidik Anak Usia 2 Tahun

Dengan begini anak akan dengan perlahan menyelesaikan kewajibanya sebelum mengambil hak-haknya. Kunci utama menghadapi anak keras kepala adalah bersikap tenang dan sabar. Jika Anda cenderung marah-marah atau membentak, sikap Anda justru akan memperburuk keadaan dan malah membuat si kecil semakin melawan. Lakukan berbagai kegiatan yang dapat membantu Anda menjadi lebih tenang, seperti meditasi, olahraga, mendengarkan musik, atau aktivitas lainnya yang bisa meningkatkan suasana hati Anda. Bila Anda suka menyetel musik di rumah, hal ini juga bisa memengaruhi suasana hati si kecil untuk lebih tenang dan jauh dari tantrum. Ketika Anda cenderung memaksa anak untuk melakukan sesuatu, biasanya si kecil akan memberontak dan melakukan apa yang seharusnya tidak mereka lakukan.

Untuk itu, penting sekali memperbaiki sikap dan perilaku sendiri dan menjadi teladan yang baik sebagai orangtua sebelum mengajarkan anak tentang sesuatu hal. Memiliki anak yang penurut dan patuh pada perintah dan nasehat orangtuanya tentu saja menjadi kebahagiaan yang tak terhingga untuk orangtua itu sendiri. Sebagai orang tua anda harus menjawab dengan menjelasan yang mudah dipahami. Jika anda tidak tau akan hal itu jangan berbohong, berusahalah menjelaskan selogis mungkin.

Jadi, sebaiknya pada kondisi tertentu saja obat penurun panas perlu dikonsumsi. Misalnya, demam berpotensi menyebabkan risiko buruk seperti dehidrasi dan kejang jika dibiarkan. Pada bayi, obat demam bisa diberikan ketika mereka rewel dan kurang istirahat. Ada banyak obat demam yang bisa dibeli di apotik tanpa harus menggunakan resep dokter. Meski aman untuk kesehatan, kenali jenis dan aturan penggunaan obat demam tersebut.

Cara agar anak patuh

Perbedaan antara waktu kerja dan waktu libur sepertinya mulai memudar. Saat ini semakin banyak perusahaan yang memberikan penghargaan khusus kepada karyawan mereka karena mereka selalu siap sedia 24 jam/ 7 hari untuk bekerja. Jangan pernah mengeksploitasi karyawan Anda yang masih single atau belum memiliki anak untuk melakukan pekerjaan yang berat hingga tidak memiliki waktu untuk keluarga. Ketika Anda menginginkan untuk lembur pastikan tanpa paksaan dan untuk pekerjaan yang mendadak dan penting saja. Kesalahan yang umum dilakukan orang tua adalah mereka merasa telah cukup hanya dengan memasukkan anak ke sekolah. Dalam posisi ini kemungkinan akan gagal dalam mencetak anak yang berkualitas.

Kemungkinan yang menyebabkan anak tidak patuh adalah karena mereka sedang melalui tahap di mana mulai mengukur seberapa jauh mereka harus pergi untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Bisa juga karena beberapa faktor seperti konflik parental, gangguan tidur, perceraian, kesulitan sosial, dan hiperaktif. Ajarkan anak untuk memahami dan mengatakan “tolong”, “maaf”, dan “terima kasih” secara tepat dan ingatkan bila mereka lupa. Katakan pula, Anda lebih suka membantunya ketika dia bersikap sopan dan bahwa Anda tidak suka kalau ia berbicara dengan nada kasar. Mereka akan menurut dihadapan orang tuanya, sementara dibelakang orangtuanya mereka akan melakukan apapun sesuka mereka asalkan tidak diketahui oleh orang tuanya. Dikisahkan oleh Ibnu Umar, sebagaimana riwayat Bukhari, Rasulullah SAW sedang bersama sekelompok orang dewasa.