Cara Tepat Mendidik Anak Di Usia Emas, Nomor 1 Paling Penting Nih Bunda

Jangan merasa lelah untuk memberitahunya tentang perilaku buruk yang Anda atau pasangan tidak sukai dari Si Kecil. Hal itu bisa membuatnya berangsur-angsur menghilangkan perilaku buruknya. Selalu dukung kebaikan yang dilakukan anak dan berikan banyak kasih sayang kepadanya. Sehingga anak akan mengerti bahwa sikapnya dapat mempengaruhi orang yang dicintainya, dan dia akan mulai memperbaikinya karena memiliki naluri untuk melindungi. Mengambil hak istimewa seperti hal-hal yang disukainya atau hal yang menghiburnya ketika mereka tidak patuh akan membantu memperbaiki perilaku tidak patuh mereka.

Cara agar anak patuh

Josh dan saya memang mengenal beberapa orangtua yang bisa mempertahankan rumahnya tetap bersih mengilat. Tetapi karena kami tak punya kekuatan untuk mewujudkannya, kami bahkan tidak mencoba melakukannya. Bila Si Kecil bisa bekerja sama, pastikan ia tahu kalau Moms senang dengan perilakunya itu. “Pengakuan menjadi bagian penting dari komunikasi dan membuatnya paham kalau Moms mengetahui segala sesuatu yang Si Kecil lakukan sudah tepat.” kata dr. Taylor.

Bantulah Si Kecil untuk mengatakan sesuatu hal dengan jujur, sehingga ia akan terdorong untuk selalu berkata dan bertingkah jujur. Saat memiliki anak, Anda juga dituntut mampu mengajari Si Kecil banyak hal. Oleh karena itu, penting bagi Anda dan pasangan untuk mengetahui beragam cara mendidik anak yang baik agar Si Kecil tumbuh menjadi anak yang kelak diterima dengan mudah di lingkungannya.

Contohnya Ibu bisa memberikan tugas yang sesuai kemampuannya lalu menyampaikan “terima kasih” setiap kali ia selesai melakukannya. Dilansir dari Scientific American di tahun 2015 pada artikel yang berjudul The Secret to Raising Smart Kids, sebagian besar orang masih menganggap kecerdasan atau talent merupakan kunci dari keberhasilan. Padahal, sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa terlalu berfokus pada kedua hal tersebut justru dapat membuat individu lebih mudah mengalami kegagalan, takut akan tantangan, dan tidak mau belajar. Pelajari nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan ideas parenting untuk si Kecil usia di atas 1 tahun di sini.

Apalagi diperparah dengan sikap orangtua yang seringkali memarahi anak-anaknya atas hal yang sebenarnya sering mereka lakukan sendiri. Untuk itu, penting sekali memperbaiki sikap dan perilaku sendiri sebagai orangtua sebelum mengajarkan anak tentang sesuatu hal. Tidak ada orangtua yang akan menjerumuskan anaknya pada lembah kesalahan, namun tentunya pola asuh dan cara mendidik anak harus anda perhatikan.

Secara perlahan anak akan semakin menganggap penting untuk merasa bersyukur atas nikmat Allah SWT. Jika tidak memahaminya, orangtua mungkin akan mengira buah hati hanya berbuat nakal dan merusak barang. Padahal hal tersebut justru merupakan salah satu cara buah hati dalam mempelajari mana yang berhasil dan tidak.

Jika kenakalan anak tidak dapat Anda atasi dengan cara di atas, jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain, misalnya kerabat yang disukai anak, guru, atau terapis untuk menghentikan kenakalan anak. Jangan abaikan juga anak yang terlalu pendiam, bisa jadi dia memiliki masalah terpendam. Cara mengatasi anak bandel yang tidak boleh dilupakan ialah menjadi panutan yang baik.