Berjemur Matahari Bantu Cegah Virus Korona, Jam Berapa Sih Yang Aman?

Sebelum intensitas cahaya matahari terlalu kuat,” ujarnya saat dihubungi theAsianparent Indonesia. Namun dr. Frieda Handayani, Sp.A mengatakan bahwa waktu terbaik untuk menjemur bayi di atas jam 10 sebenarnya kurang tepat. Itulah aturan penting yang harus dipatuhi ibu hamil saat berjemur. Bagi ibu hamil, vitamin D diperlukan untuk meningkatkan perkembangan tulang dan gigi calon bayi yang sedang bertumbuh di dalam kandungan. Selain itu, berjalan-jalan di bawah cahaya matahari akan membuat Mama merasa lebih ‘hidup’ dan membantu menghilangkan depresi atau kecemasan. Itulah petunjuk berjemur yang tepat untuk memperkuat sistem imun tanpa harus membahayakan kulit kita.

Jadi wajar saja bila kita mulai merasa mengantuk, dan semakin berat mengantuk ketika semakin larut. Jakarta – Sinar matahari memiliki tiga jenis sinar radiasi yakni ultra violet A dengan gelombang panjang, ultra violet B dengan gelombang pendek, dan ultra violet C dengan gelombang sangat pendek. Oleskan pula tabir surya dengan minimal SPF 15 sekitar 30 menit sebelum waktu berjemur. Menurut dr Tata, sinar UV bisa masuk dari lubang terkecil, jadi saat di dalam rumah pun, ada baiknya untuk tetap mengenakan tabir surya.

Hal ini tidak lain karena salah pemahaman yang berkembang selama ini di masyarakat. Selain itu, masih ada ketakutan kulit menjadi hitam atau risiko kanker kulit akibat paparan sinar mentari. Manfaat bangun pagi setiap hari bisa memberikan temper yang bagus.

Ia menyarankan berjemur di pukul 12.00 untuk mengaktifkan vitamin D yang ada dalam tubuh sehingga tak mengalami defisiensi. Paparan Sinar matahari di wajah, tangan, atau lengan sebanyak dua hingga tiga kali seminggu, sudah cukup untuk menjaga kadar Vitamin D di tubuh. Lagipula, Indonesia adalah negara tropis yang dekat dengan garis khatulistiwa.

Penting untuk diperhatikan bahwa waktu berjemur sebaiknya dilakukan pada jam 10.00 Pagi hingga 11.00 siang. Beberapa studi mengatakan jika berjemur pada waktu tersebut, tubuh akan terpenuhi dengan asupan vitamin D dalam jumlah yang cukup. Begitu juga pada saat berjemur, sebaiknya dilakukan dengan kurun waktu 10 sampai 15 menit saja tujuannya untuk mencegah kerusakan pada kulit akibat paparan sinar UV yang berlebihan. Manfaat sinar matahari bagi tubuh diyakini legitimate Kong Slot sebab sinar matahari mengandung berbagai vitamin yang dipercaya mampu membentuk daya tahan tubuh.

UVA sering dijumpai pada jam 07.00 pagi dan juga bisa dijumpai melalui sinar matahari yang menembus jendela kaca baik itu kaca jendela rumah maupun kaca jendela mobil. Menurut dr. Mercola & dr. Diane Godar , UVA justru akan menimbulkan efek adverse pada kulit, seperti melanoma . Hal ini terbukti dari kejadian melanoma yang lebih banyak terjadi pada pekerja indoor dibanding pekerja outside.

Paparan sinar matahari saat hamil juga tidak boleh berlebihan, baik matahari pagi maupun di sore hari agar mengurangi efek samping. Sayangnya, jenis makanan yang mengandung vitamin D sangatlah terbatas. Nah, solusi yang mudah dan praktis untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin D adalah dengan memanfaatkan paparan sinar matahari.

Vitamin D ini dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf. Selain itu, sinar matahari berperan penting di dalam menjaga dan merawat kesehatan kulit. Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan paparan sinar matahari dapat mengatasi sejumlah kondisi kulit. Sejumlah dokter pun merekomendasikan radiasi sinar UV untuk menangani kulit berjerawat, eksim, sakit kuning, dan psoriasis. Akan tetapi, terapi radiasi sinar UV ini mungkin tidak dapat untuk semua penderita. Bahkan, jika tidak depresi sekalipun, berjemur di bawah sinar matahari pagi ternyata dapat membangkitkan suasana hati menjadi lebih baik, lho.

Berjemur matahari paling baik jam 10 pagi - 2 siang

Ia menjelaskan, anjuran berjemur pada pukul 10.00 itu hanya berlaku untuk area yang berada di garis lintang yang memiliki empat musim. ‘Hormon bahagia’ adalah sebutan lain untuk zat Serotonin, yakni zat yang dapat mengirimkan sinyal antar sel sel saraf dan mengatur emosi hingga ketrampilan motorik. Zat ini juga meningkatkan perasaan bahagia dan aman dalam diri seseorang.