15 Cara Mendidik Anak Agar Cerdas, Mandiri, Dan Rajin Beribadah

Jadi, usahakan mendidik anak yang keras kepala dengan cara menciptakan lingkungan yang menyenangkan serta memberi contoh yang baik. Lingkungan yang aman dan nyaman akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Oleh karena itu, jika Ibu ingin supaya anak nurut dengan orang tua, maka ciptakan suasana yang kondusif di rumah. Informasi dalam bentuk apapun akan mudah diserap, tanpa melihat baik atau buruk.

Setelah Anda meminta si kecil untuk menjelaskan apa yang membuatnya melakukan kenakalan, tentunya akan menjadi tidak masuk akal kalau Anda tidak mendengarkannya. Padahal, mendengarkan itu juga termasuk dalam proses berkomunikasi yang penting. Padahal, seharusnya Anda tidak mengeluhkan perilaku si kecil itu karena hal tersebut tidak akan membuatnya menghentikan kenakalan. Daripada mengeluh, akan lebih baik kalau Anda mengajaknya berbicara secara halus tentang kenakalan yang dilakukannya itu. Ketika Anda tengah mengobrol dengan orang lain secara langsung maupun lewat telepon, sedang mengunjungi teman maupunkeluarga, atau melakukan apapun yang menyibukkan, si kecil akan merasa dicuekin. Kalau sudah begitu mereka pun akan berusaha mengamuk, merengek, atau memukul untuk mendapatkan perhatian.

Cara agar anak patuh

Jangan lelah menegur anak dengan bijak, sampai anak mengerti bahwa ia melakukan kesalahan. Hingga anaknya merasa terbiasa menggunakan masker saat keluar rumah. “Jadi sekarang dia mengerti kalau keluar itu pasti nunjuk masker dan selalu dipakai,”tuturnya. Anak laki-laki yang sudah terbiasa mandiri akan mudah mengatur berbagai urusannya sendiri. Misalnya saat mengatur keuangan rumah tangga maupun pekerjaannya nanti. Karena itu, seorang anak wajib belajar salat dan membiasakannya sejak kecil.

Si kecil akan merasa bahwa orangtuanya sedang memberikannya perhatian. Menurut Susan Stiffelman dalam bukunya yang berjudul Parenting Without Power Struggles, membangun hubungan dengan anak keras kepala dapat meluluhkan hati si kecil sehingga menjadi lebih penurut. Menangani anak keras kepala atau suka melawan tentu tidak mudah untuk setiap orangtua. Misalnya saja, anak malas mandi, tak mau makan, atau kabur dari kebiasaan tidur siang. Tidak sedikit orang tua yang meluapkan emosinya dengan marah-marah dan menyerah dengan sikap tantrum si kecil.

Tanpa glukosa, otak anak tidak dapat menjalankan fungsinya untuk memproses informasi dengan baik. Biarkan si anak yang menyerahkan sendiri baju tersebut agar dia senang dan punya pengalaman berkesan. Atau mengajarkan anak untuk bisa menghargai uang, menabung sedari kecil. Sikap saling menghormati, menghargai, dan berbagi akan berguna saat nanti si anak dewasa. Jika dibentak, apalagi sampai melakukan kekerasan, anak justru akan merasa ketakutan dan bisa berdampak buruk bagi perkembangan otak maupun psikologisnya.

Gunakan kata- kata yang sederhana dan perlahan agar mudah dipahami oleh anak. Anak hiperaktif cenderung sulit menerima informasi melalui bentuk kalimat yang panjang. Anak akan bingung dan frustasi dan justru membahayakkan kondisi anak. Masalah pada anak hiperaktif dikenal juga dengan Attention Deficit Disorder . Anak hiperaktif menunjukkan tenaga untuk melakukan aktivitas sangat besar namun anak hiperaktif mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, sulit tidur.

Sebagai orangtua, cara mengatasi anak nakal bisa dilakukan dengan menetapkan batasan yang jelas dan menjalankan konsekuensi hukumannya secara konsisten. Jika buah hati merasa Anda tidak serius memberikan hukuman untuknya, ia akan terus melakukan kenakalan itu. Cara mendidik anak usia 2 tahun juga termasuk dengan sering mengobrol bersama.